Profil Negara Maju Perancis

16:43:00
Profil Negara Maju Perancis


Pengertian Negara Perancis

Perancis atau dikenal dengan Republik Perancis atau dalam bahasa internasional memiliki nama France adalah sebuah negara maju yang berada di benua Eropa bagian barat terletak memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine hingga ke Samudera Atlantik. Negara Perancis memiliki ibukota Paris. Perancis merupakan negara republik kesatuan semi presidensial yang dimana negara tersebut tidak memiliki presiden tetapi memiliki kepala pemerintahan berupa perdana menteri. 



Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara 41°21'LU - 51°LU dan 55° BB - 9°30'BT.


Letak geografis, batas-batas negara Perancis :

Sebelah utara berbatasan, Luxemburg, Belgia dan Selat Inggris.
Sebelah selatan berbatasan, Laut Tengah, Andora, Spanyol.
Sebelah barat berbatasan, Teluk Biscay.
Sebelah timur berbatasan, Jerman, Swiss, Italia.
Luas wilayah Perancis ± 643.801 km².


Bentang Alam

1. Dataran rendah, Perancis memiliki dataran rendah yang luas memiliki lokasi di sebelah bagian barat dan terdapat sungai-sungai besar sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan cocok tanam maupun pertanian. Sungai utama Perancis terdiri dari Sungai Rhein yang merupakan sungai utama di Eropa yang memiliki muara ke Laut Utara. Sungai Loire, Sungai Seine, dan Sungai Garonne memiliki muara ke Samudra Atlantik, dan Sungai Rhone memiliki muara ke Laut Tengah. 

2. Dataran tinggi, Perancis memiliki dataran tinggi yang banyak dijumpai di bagian tengah negara Perancis, di arah timur negara Perancis terdapat rangkaian pegunungan yang menjadi batas dengan negara-negara tetangga di bagian timur Perancis, yaitu Pegunungan Vosges yang menjadi batas dengan negara Jerman. Pegunungan Yura menjadi batas dengan negara Swiss, dan Pegunungan Alpen menjadi batas dengan negara Italia. Pada di daerah Pegunungan Alpen terdapat puncak gunung tertinggi di negara Perancis yaitu Gunung Blanc yang memiliki ketinggian ± 4.808 m. 

3. Pegunungan, Perancis pada bagian selatan terdapat pegunungan Pyrenes yang menjadi batas alam antara negara tetangga Perancis dengan negara Spanyol. 



Iklim


1. Iklim sedang,
Wilayah utara dan barat laut negara Perancis biasanya memiliki iklim sedang.

2. Iklim mediterania
Wilatah tenggara negara Perancis biasanya memiliki iklim mediterania.

3. Iklim laut 
Wilayah barat negara Perancis didominasi oleh iklim laut (sejak musim dingin sejuk hingga musim panas hangat).



Komposisi Negara

Penduduk suku di negara Perancis sebagian besar berasal dari suku Alpena. Penduduk negara Perancis pada tahun 2015 berjumlah ± 67,107,000 jiwa yang menempati peringkat 20 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2015. 

1. Ibukota negara Perancis adalah Paris.
2. Kepala negara Perancis tidak memiliki presiden.
3. Kepala pemerintahan Perancis berupa perdana menteri.
4. Bentuk pemerintahan Perancis berupa Republik Konstitusional.
5. Sistem pemerintahan Perancis berupa Sistem semi presidensial.
6. Agama, terdiri dari 54% Kristen, 31% Atheis, 10% agama lain dan tidak berpendapat, 4% Islam, 1,1% Budha, dan 1% Yahudi.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Perancis.
8. Lagu kebangsaan Perancis adalah La Marseillaise.



Perekonomian


1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Perancis :
a. Teknologi yang tinggi,
b. Kualitas sumber daya manusia yang bagus,
c. Luas tanah untuk pertanian yang mencukupi,
d. Pengelolaan pertanian yang profesional,

Hasil komoditi :
a. Anggur, daerah Perancis yang banyak menghasilkan buah anggur adalah Champagne, Bordeaux dan Medoe.
b. Apel, daerah Perancis yang banyak menghasilkan buah apel adalah Bretagne dan Normandia.
c. Gandum, daerah Perancis yang banyak menghasilkan gandum adalah Cekungan Paris dan Flandre.
d. Gula bit dan umbi-umbian, daerah Perancis yang banyak menghasilkan gula bit dan umbi-umbian adalah di bagian utara negara Perancis.

2. Peternakan
Peternakan di negara Perancis banyak terdapat di daerah Cevennes dengan pusatnya di daerah Roquefort. Di negara Perancis hewan ternak yang dikelola kebanyakan ialah sapi dan babi. Dengan hasil dari pertenakan tersebut ialah susu, daging dan keju yang berasal dari hewan ternak tersebut..

3. Pertambangan
a. Bijih besi, daerah di Perancis yang banyak menghasilkan bijih besi adalah di daerah Lorraine dan Saar.
b. Fosfat, daerah di Perancis yang banyak menghasilkan fosfat adalah di daerah Lorraine
c. Bauksit, daerah di Perancis yang banyak menghasilkan bauksit adalah di daerah Provence, Brignoles dan Largentiere.
d. Batu bara, daerah di Perancis yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah Lorraine, Nord, dan Puy De Calais.
e. Minyak bumi, daerah di Perancis yang banyak menghasilkan minyak bumi adalah di Ladang Parantis di Landes, dan Ladang Lacq di Pegunungan Pyrenia merupakan daerah penghasil sumber gas alam terbesar.

4. Perikanan
Perikanan di negara Perancis terutama berada di daerah kawasan pantai sebelah barat Perancis. Penangkapan ikan biasanya dipusatkan di daerah Pantai Armorica. Hasil tangkapan ikan biasanya berupa ikan haring, tuna, kod, kerang, tiram dll. Di Perancis sendiri terdapat tempat penghasil tiram terbesar adalah di daerah Cancale.

5. Perindustrian
a. Pesawat terbang, perindustrian pesawat terbang di Perancis berpusat di daerah Paris dan Tolouse yang dimana terdapat industri pesawat terbang.
b. Mobil, perindustrian mobil di Perancis berpusat di daerah Valenciennes, Rennes dan Strasbourg yang dimana terdapat industri mobil.
c. Besi dan batu bara, perindustrian besi dan batu bara di Perancis berpusat di daerah Lotharingen dan Lorraine yang menjadi lokasi industri besi dan batu bara.
d. Mesin dan senjata, perindustrian mesin dan senjata di Perancis berpusat di daerah St. Etienne dan He Crousof yang menjadi pusat industri mesin dan senjata.
e. Tekstil dan sutra, perindustrian tekstil dan sutra di Perancis berpusat di daerah Lyon dan Lille yang terdapat industri tekstil dan sutra.

6. Perdagangan
Komoditas eksport di negara Perancis antara lain seperti barang kimia, mesin-mesin, persenjataan, mobil, tekstil, kapal terbang, dan minuman keras. Sedangkan komoditas import negara Perancis antara lain bahan mentah dan minyak bumi. Di negara Perancis terdapat pelabuhan utama yang berada di Marseille dan sebuah bandara utama yang bernama Paris-Charles de Gaulle yang terletak di kota Paris.




Peta Perancis






Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in https://ilmumalas.blogspot.com & https://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

2 Comments

Gemilang 10 February 2017 at 22:00

di peta perancis itu ada foto ku ya gan?:v

Renaldy Rizki Ramadani 11 February 2017 at 06:33

ga ada gan :v adanya di ethiopia :v