Profil Negara Maju Inggris

16:34:00
Profil Negara Maju Inggris


Pengertian Negara Inggris

Inggris merupakan sebuah negara yang menjadi bagian dari Britania Raya merupakan negara maju yang berada di Benua Eropa bagian barat. Di negara Inggris memiliki kota-kota besar yang terkenal seperti kota Manchester, London, dan Liverpool. Negara Inggris memiliki ibukota yang terletak di kota London. Bentuk Pemerintahan di Inggris berbentuk Monarki dan memiliki sistem kebijakan kenegaraan yang terdesentralisasi. Negara Inggris melaksanakan sistem pemerintahan parlementer dimana kekuasaan pemerintah dipegang oleh perdana menteri dan jajaran para menteri. Sedangkan kekuasaan kepala negara dipegang oleh Ratu. Ratu tidak memiliki kekuasaan politik karena Ratu hanya sebagai simbol dalam kedaulatan dan persatuan sebuah negara.




Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara  50º LU - 60º LU dan 8 BBº - 2º BT.



Letak geografis, batas-batas negara Inggris :

Sebelah utara berbatasan, Samudra Atlantik.
Sebelah selatan berbatasan, Selat Inggris.
Sebelah barat berbatasan, Samudra Atlantik.
Sebelah timur berbatasan, Laut Utara.
Luas wilayah Inggris ± 130395 km².




Bentang Alam


1. Dataran rendah, Inggris memiliki dataran rendah yang memiliki lokasi di sebelah bagian timur dan selatan negara Inggris. Lokasi ini mencakup sebagian besar Inggris, dari bagian selatan Pennine dan timur Wales serta bagian Semenanjung Barat Daya.

2. Dataran tinggi, Inggris memiliki dataran tinggi yang terdapat di bagian utara negara Inggris seperti pegunungan Danau District, Pennines, serta Yorkshire Dales dan di bagian barat daya seperti Dartmoor dan Cotswolds.

3. Pegunungan, Inggris pada bagian barat dan utara terdapat pegunungan Danau District, Pennines, serta Yorkshire Dales.




Iklim

1. Iklim laut sedang,
Di negara Inggris memiliki iklim laut sedang, dengan suhu berkisar tidak kurang dari 0°C pada musim dingin dan suhu di musim panas berkisar tidak lebih dari 32°C. Cuaca di Inggris biasanya lembab dan mudah berubah-ubah. Cuaca paling dingin di Inggris terjadi pada bulan Januari dan Februari. Sedangkan cuaca paling panas di Inggris berlangsung pada bulan Juli. Pada bulan Mei, Juni, September dan Oktober merupakan bulan dengan cuaca sedang dan hangat. Curah hujan tersebar cukup merata sepanjang tahun.



Komposisi Negara

Di Inggris penduduk asli yang menetap di negara tersebut disebut orang Inggris yaitu bangsa Kelt yang berasal dari Skot, Irlandia, dan Welsh dan bangsa Jerman yang berasal dari Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman. Penduduk negara Inggris pada tahun 2015 berjumlah ± 64,800,000 jiwa yang menempati peringkat 22 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2015.

1. Ibukota negara Inggris adalah London.
2. Kepala negara Inggris adalah Ratu.
3. Kepala pemerintahan Inggris adalah perdana menteri.
4. Bentuk pemerintahan Inggris berupa Monarki Konstitusional.
5. Sistem pemerintahan Inggris berupa Parlementer.
6. Agama, terdiri dari Kristen, Islam, Yahudi, Budha dan Hindu.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
8. Lagu kebangsaan Inggris adalah God Save The Queen.
9. Mata uang adalah Pound sterling.



Perekonomian

1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Inggris :
a. Teknologi pertanian yang berkualiatas,
b. Kualitas sumber daya manusia yang bagus,
c. Luas tanah untuk pertanian yang memadai,
d. Pengelolaan pertanian yang baik,

Hasil komoditi :
a. Kentang, daerah Inggris yang banyak menghasilkan kentang adalah daerah Lancashire.
b. Sayur mayur, daerah Inggris yang banyak menghasilkan sayur mayur adalah Lancashire.
c. Gandum, barley,dan bitgula, daerah Inggris yang banyak menghasilkan gandum barley, dan bitgula adalah Pegunungan Anglia Timur, Kent,Worcester, dan Devon.


2. Peternakan
Negara Inggris merupakan salah satu negara maju di Eropa, itu menyebabkan bidang peternakan disana bisa dikatakan sangat canggih dan sudah dikelola dengan baik, letaknya sangat jauh dari kota karena lahan-lahan di kota sudah digunakan untuk perkantoran, produksi peternakan juga cepat karena menggunakan tekhnik inseminasi buatan. Di Inggris budidaya ternak yang dikembangkan antara lain sapi, kambing, babi, domba, ayam, dan kalkun.


3. Pertambangan
a. Tembaga, daerah di Inggris yang banyak menghasilkan tembaga adalah di daerah Pegunungan Cambrian Utara dan Midlands.
b. Timah, daerah di Inggris yang banyak menghasilkan timah adalah di daerah Cambrian Utara dan Midlands.
c. Seng, daerah di Inggris yang banyak menghasilkan seng adalah di daerah Cambrian Utara.
d. Batu bara, daerah di Inggris yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah Lancashire, Pegunungan Pennine, Stafford, Pegunungan Cambrian Selatan, dan Wales Selatan.
e. Mangan, daerah di Inggris yang banyak menghasilkan mangan adalah di Cambrian Utara.


4. Perikanan
Perikanan di negara Inggris sangatlah maju karena didukung oleh faktor utama yaitu armada kapal perangkap ikan yang modern. Di Inggris tempat pelelangan ikan terletak di daerah seperti di Hull dan Gimsby di laut Utara.


5. Perindustrian
a. Industri berat, perindustrian berat di Inggris berpusat di daerah Birmingham yang dimana dikenal sebagai wilayah black country.
b. Mobil, perindustrian mobil di Inggris berpusat di daerah London, Birmingham dan Oxford yang dimana terdapat industri mobil.
c. Pesawat terbang, perindustrian pesawat terbang di Inggris berpusat di daerah London, Birmingham dan Oxford yang menjadi lokasi industri pesawat terbang.
d. Kimia, perindustrian kimia di Inggris berpusat di daerah London yang menjadi pusat industri kimia.
e. Elektronik dan alat rumah tangga, perindustrian elektronik dan alat rumah tangga di Inggris berpusat di daerah Leeds Sheffield London yang terdapat industri elektronik dan alat rumah tangga.
f. Wol, perindustrian wol di Inggris berpusat di daerah Bradford dan Leeds yang menjadi pusat industri wol.
g. Ban, perindustrian ban di Inggris berpusat di daerah Birmingham yang menjadi pusat industri ban.


6. Perdagangan
Komoditas eksport di negara Inggris antara lain seperti tembakau, karet, kelapa sawit, teh, dan kopi. Sedangkan komoditas import negara Inggris antara lain hasil industri berupa mobil, mesin mesin, alat-alat listrik, dan tekstil.



Peta Inggris




Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in https://ilmumalas.blogspot.com & https://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments