Apa Itu Jomblo Fisabilillah, Apakah Anda Termasuk Salah Satu Orangnya?

21:56:00
Apa Itu Jomblo Fisabilillah, Apakah Anda Termasuk Salah Satu Orangnya?



Selamat datang agan atau aganwati kali ini saya akan membahas tentang masalah kehidupan yaitu apasih itu jomblo fisabilillah? dan apakah anda termasuk salah satu orangnya? berikut admin dari blog renaldyways akan memberikan penjelasan serta ciri-ciri jomblo fisabilillah;


Definisi

Jomblo Fisabilillah jika diuraikan dapat membentuk arti "jomblo" berarti belum pernah memiliki pacar dan fisabilillah adalah orang-orang yang berjuang dan berjihad dijalan Allah SWT dari definisi sudah jelas jika jomblo fisabilillah memang orang yang taat kepada agama dan senantiasa menjauhi dari larangannya. Banyak sekarang embel-embel atau hashtag ataupun caption yang mengatasnamakan jomblo fisabilillah namun akan tetapi salah dalam pemahaman dan penerapan dalam sehari-hari.


Ciri-Ciri Jomblo Fisabilillah

1. Belum Pernah Memiliki Pacar Sebelumnya,

Pertama ialah belum pernah memiliki pacar sebelumnya, namanya saja sudah jomblo yang berarti belum pernah memiliki pacar. Jika anda belum pernah mempunyai pacar, maka janganlah untuk coba-coba untuk mendapatkan pacar, memang dalam agama islam tegas tidak mengajarkan pacaran, karena pacaran termasuk dalam golongan zina, dalam hadist disebutkan,

Apa Itu Jomblo Fisabilillah, Apakah Anda Termasuk Salah Satu Orangnya?

Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek” (Al Qur’an Surat Al Isra 32)

Dalam tafsir Kalamul Mannan, Syaikh Abdurrahman Nashir As Sa’di berkata : “Larangan Allah untuk mendekatii zina itu lebih tegas dari pada sekedar melarang perbuatannya, karena berarti Allah melarang semua yang menjurus kepada zina dan mengharamkan seluruh faktor-faktor yang mendorong kepadanya,”

Maka bisa saya katakan, kalau jalan-jalan dan faktor-faktor yang menuju kepadanya saja dilarang apalagii perbuatannya!.


Sungguh amat keji perbuatan itu dan sungguh amat benar ucapan Allah bahwa zina adalah Fahisyah yang dikatakan oleh Syaikh Abdurrahman pula dalam tafsirnya : “Al Fahisyah adalah sesuatu yang dianggap sangat jelek dan keji oleh Syari’at, oleh akal sehat dan fitrah manusia, karena mengandung pelanggaran terhadap hak Allah, hak wanita, hak keluarganya atau suaminya, dan merusak kehidupan rumahtangga serta tercampurnya (kacaunya) nasab keturunan.”


2. Berjuang Di Jalan Allah,
Banyak orang yang melalaikan hal ini, berjuang di jalan allah ialah menegakkan agama islam semata-mata untuk memperoleh ridha Allah SWT. Seperti contohnya hal yang kecil seperti melaksanakan perintah dari Allah dan menjauhi larangannya sudah termasuk dalam berjuang di jalan Allah SWT. Seperti diriwayatkan dalam hadits berikut,

Apa Itu Jomblo Fisabilillah, Apakah Anda Termasuk Salah Satu Orangnya?
Artinya : "Orang yang berjihad fi sabilillah menjadi tanggungan-Ku, jika Aku pegang (cabut) ruhnya maka akan Aku masukkan ke dalam surga, & jika Aku kembalikan maka Aku kembalikan ia dengan membawa pahala & ghanimah. Abu Isa berkata, Hadits ini derajatnya shahih gharib dari jalur periwayatan ini." (HR. Tirmidzi No.1545).



3. Melaksanakan Perintah Allah Dan Menjauhi Larangannya,

Terakhir, seperti ciri nomor 2, akan tetapi akan kita perdalam lagi, melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangannya, banyak sekali memang perintah dari allah yang wajib maupun sunah yang harus kita penuhi serta meninggalkan banyak sekali larangannya. Telah diriwayatkan hadis tentang hal ini,

Apa Itu Jomblo Fisabilillah, Apakah Anda Termasuk Salah Satu Orangnya?

Artinya : Dari Abu Tsa’labah Al Khusyani, jurtsum bin Nasyir radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau telah bersabda : “ Sesungguhnya Allah ta’ala telah mewajibkan beberapa perkara, maka janganlah kamu meninggalkannya dan telah menetapkan beberapa batas, maka janganlah kamu melampauinya dan telah mengharamkan beberapa perkara maka janganlah kamu melanggarnya dan Dia telah mendiamkan beberapa perkara sebagai rahmat bagimu bukan karena lupa, maka janganlah kamu membicarakannya”. (HR. Daraquthni, Hadits hasan) [Daruquthni dalam Sunannya no. 4/184]




Nah apakah anda sudah menjadi Jomblo Fisabilillah sesungguhnya? jika anda sudah memenuhi kriteria tersebut bisa dibilang anda adalah jomblo fisabilillah, jika belum bertaubatlah kepada Allah SWT yang maha pemurah lagi maha penyayang hambanya. Semoga artikel ini dapat membantu anda, terima kasih.

Share this

I'm CEO & Founder in https://ilmumalas.blogspot.com & https://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

7 Comments

Unknown 25 April 2016 at 20:49

wah sangat bermanfaat sekali ini gan

Renaldy Rizki Ramadani 26 April 2016 at 14:28

Iya gan sama-sama :D

Ardhan 30 April 2017 at 08:46
This comment has been removed by a blog administrator.
Ardhan 30 April 2017 at 10:00

Ijin dijadiin refrensi gan

Renaldy Rizki Ramadani 3 May 2017 at 21:22

Woke siap

wulansari 17 February 2018 at 23:18

Kak kalo misalnya dia prnah pacaran wktu masi labil"nya anak sd:v trus pas smpnya udah g niat buat pcrn lg, tp masi sring menyukai lawan jenis scra diam". Mksdnya cuma suka aja g ada niat buat dipacarin trus g diumbar" kalo dia lagi suka sma seseorg cuma dia aja yg tau sma Allah.. Itu gmn kak? Masih trmasuk fisabilillah?

Renaldy Rizki Ramadani 18 February 2018 at 20:58

yang penting udah tobat gapapa :))