Tips Belajar Efektif

16:20:00
Tips Belajar Efektif

Selamat datang agan agan atau agan wati, kali ini saya akan berbagi tips belajar yaitu cara belajar secara efektif, perlu diketahui belajar adalah kegiatan menimba ilmu atau memperdalam ilmu secara informal atau diluar jam sekolah yang mampu membuat kita lebih paham dari sebelumnya. Oleh sebab itu belajar sangat diperlukan untuk menunjang  nilai ulangan, test maupun ulangan, nah untuk mengoptimalkan kinerja belajar kita, kita harus tau caranya agar belajar menjadi efektif, berikut adalah cara efektif untuk belajar :


1. Berdoa sebelum belajar,

Berdoa sebelum belajar mampu meningkatkan tingkat spiritual dan mental pelajar yang memungkinkan pelajar dapat belajar dengan lancar dan nyaman saat proses belajar berlangsung.


2. Membaca sedikit tapi sering,

Teknik membaca sedikit tapi sering merupakan teknik yang mungkin menjadi alternatif dewasa ini karena metode ini dapat meringankan kerja otak dan materi dengan mudah dapat dicerna oleh otak dengan maksimal.

3. Mencoba teknik EMPATI ( Empat Soal Tiap Hari ),

Metode mengerjakan empat soal dengan jangkan sehari juga alternatif belajar dewasa ini, metode ini membuat pelajar semakin memahami tingkatan-tingkatan kesulitan soal yang diujikan, metode ini tepat digunakan saat menjelang ujian.

4. Belajar memahami materi bukan menghafal materi,

Mungkin dari banyak pelajar, salah mengartikan belajar sebagai ajang khusus untuk menghafal, namun itu sangat salah, karena belajar adalah memahami materi sehingga semakin kita paham otak pun akan merekam materi tersebut sehingga hafal dengan jangka waktu cukup lama, berbeda dengan menghafal, menghafal dalam memori otak hanya akan bertahan dengan jangka waktu yang cukup pendek.

5. Belajar di tempat yang nyaman dan tenang,

Buatlah tempat belajar anda menjadi nyaman dan ciptakanlah suasana tenang, saat kita berada di tempat yang nyaman dan tenang, insyaallah saat belajar akan lancar dan mudah memahami materi.


6. Ringkas materi dan pahami materi

Metode ini cukup kreatif dan membuat belajar lebih mudah, karena saat kita meringkas berarti kita sudah menulis dan membaca, otomatis otak akan lebih mudah memahami serta ringkasan tersebut dipahami lagi, mungkin kita akan langsung paham tentang materi tersebut.


7. Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat, nah ini juga penting, waktu belajar yang tepat mungkin sehabis subuh dan sesudah magrib, karena otak kita saat setelah subuh belum mempunyai banyak pikiran, dan saat setelah maghrib otak kita akan memasuki masa rileks nah disitulah kita mudah untuk memahami.


Nah agan-agan atau aganwati, mudahkan cara belajar yang efektif semoga bermanfaat bagi pembaca, terima kasih, terus kunjungi blog ini.

Share this

I'm CEO & Founder in https://ilmumalas.blogspot.com & https://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments