Profil Negara Maju Australia

14:43:00
Profil Negara Maju Australia

Pengertian Negara Australia

Australia merupakan negara maju yang terletak di benua Australia. Australia memiliki kota-kota utama dalam menjalankan sistem pemerintahan seperti Queensland, Tasmania, dan Victoria. Di negara Australia memiliki ibukota negara yang bertempat di Canberra. Sistem pemerintahan di negara Australia adalah Parlementer dimana sistem pemerintahan yang parlemennya memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Bentuk pemerintahan di Australia adalah Monarki Konstitusional yang dimana di negara tersebut mengakui Raja, Ratu, atau Kaisar sebagai kepala negara.




Letak Astronomis Dan Geografis

Letak astronomis terletak antara  10º LS - 43º LS dan 113 BTº - 155º BT.


Letak geografis, batas-batas negara Australia :

Sebelah utara berbatasan, Laut Timor dan Laut Arafuru.
Sebelah selatan berbatasan, Samudera Hindia.
Sebelah barat berbatasan, Samudera Hindia.
Sebelah timur berbatasan, Samudra Pasifik.
Luas wilayah Australia ± 7.692.024 km².





Bentang Alam

1. Dataran rendah, Australia memiliki dataran rendah yang memiliki lokasi di sebelah bagian tengah dan Selatan negara Australia yang terletak persis di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor, Danau Eyre, dan Lembah Sungai Darling di New South Wales. Daerah dataran rendah di Australia tersebut merupakan daerah dengan air bawah tanah dengan panjang sejauh 2.000 km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat. Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan meliputi sekitar tiga perempat daerah Queensland, meliputi seperempat daerah New South Wales, meliputi sepertiga daerah Australia Selatan, dan meliputi seperdelapan daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dimanfaatkan oleh masyarakat disekitar daerah tersebut sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.


2. Dataran tinggi, Australia memiliki dataran tinggi yang terdapat di Plato Barat daerah tersebut merupakan daerah pegunungan yang tererosi selama jutaan tahun. Daerah Plato Barat meliputi  Plato Kimberley, Plato Hammersley, dan Plato Tanah Arnhem. Di daerah plato Barat ini juga terdapat kenampakan alam yang berupa batu cadas raksasa yang biasa disebut Ayer’s Rock.


3. Pegunungan, Australia memiliki pegunungan-pegunungan yang mendominasi di bagian timur Australia yang dikenal dengan julukan The Great Dividing Range dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Kosciusko. Di Australia juga terdapat pegunungan-pegunungan yang terkenal lainnya yaitu Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgrave, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson.


4. Gurun, Australia memiliki wilayah gurun yang mendominasi di bagian daratan Benua Australia, luasnya hingga mencapai ± 1.492.000 km²  yang meliputi Gurun Gibson, Gurun Shimpson, Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, dan Gurun Stewart.




Iklim

1. Iklim tropis,
Di negara Australia daerah yang mengalami iklim tropis adalah di daerah Australia barat bagian utara, Australia utara, Queensland, Pulau Natal dan Keeling yang dimana daerah ini akan selalu mengalami iklim tropis dimana daerah ini akan selalu terkena sinar matahari setiap tahun.

2. Iklim subtropis,
Di negara Australia daerah yang mengalami iklim subtropis adalah di daerah New South Wales, Australia Selatan, Wilayah ibukota, Tasmania dan Victoria. Biasanya kondisi iklim subtropis akan diwarnai dengan gangguan dan rintangan dari alam seperti badai, hujan salju, atau tornado.

3. Iklim gurun,
Di negara Australia daerah yang mengalami iklim gurun adalah Australia Barat di daerah yang terdapat iklim gurun biasanya akan mengalami kegersangan.




Komposisi Negara


Di Australia penduduk asli yang menetap di negara tersebut adalah bangsa Aborigin. Penduduk negara Australia pada tahun 2017 berjumlah ± 24.436.900 jiwa yang menempati peringkat 52 terbanyak dalam jumlah penduduk pada tahun 2017.

1. Ibukota negara Australia adalah Canberra.
2. Kepala negara Australia adalah Ratu.
3. Kepala pemerintahan Australia adalah Perdana Menteri.
4. Bentuk pemerintahan Australia berupa Monarki Konstitusional.
5. Sistem pemerintahan Australia berupa Parlementer.
6. Agama, terdiri dari Katolik Roma, Anglikan, Kristen, Budha, Islam, dan Hindu.
7. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris.
8. Lagu kebangsaan Australia adalah Advance Australia Fair.
9. Mata uang adalah Dolar Australia.



Perekonomian

1. Pertanian
Faktor yang mendorong kemajuan pertanian di Australia :
a. Teknologi pertanian yang maju,
b. Kualitas sumber daya manusia yang memadai,
c. Memiliki lahan pertanian yang luas,
d. Pengelolaan budidaya pertanian yang baik,

Hasil komoditi :
a. Kapas, daerah Australia yang banyak menghasilkan kapas adalah daerah Queensland.
b. Buah-buahan dan Sayur mayur, daerah Australia yang banyak menghasilkan buah-buahan dan sayur mayur adalah Tasmania.
c. Gandum, daerah Australia yang banyak menghasilkan gandum adalah Victoria dan New South Wales.


2. Peternakan
Negara Australia merupakan negara maju di benua Australia, itu menyebabkan bidang peternakan disana bisa dikatakan sangat maju dan sudah dikelola dengan baik. Di Australia peternakan yang dikembangkan adalah sapi potong yang diusahakan di daerah padang rumput atau daerah Queensland dan New South Wales. Peternakan domba di Queensland dan New South Wales, Victoria dan Australia Selatan.


3. Pertambangan
a. Tembaga, daerah di Australia yang banyak menghasilkan tembaga adalah di daerah Mount Lyell, dekat Queenstown.
b. Emas, daerah di Australia yang banyak menghasilkan emas adalah di daerah New South Wales, Kalgoorlie, dan Australia Barat.
c. Timbal, daerah di Australia yang banyak menghasilkan timbal adalah di daerah New South Wales, dan Mount Isa.
d. Batu bara, daerah di Australia yang banyak menghasilkan batubara adalah di daerah hampir semua negara bagian kecuali Victoria
e. Bijih besi, daerah di Australia yang banyak menghasilkan bijih besi adalah di Pegunungan Midleback dan kawasan Pilbara.
f. Nikel, daerah di Australia yang banyak menghasilkan nikel adalah di daerah Kambalda.
g. Gas alam dan minyak bumi, daerah di Australia yang banyak menghasilkan gas alam dan minyak bumi adalah di daerah Queensland, Australia Barat, Victoria, dan Pulau Barrow.



4. Perikanan
Perikanan di negara Australia sangatlah maju karena didukung oleh faktor utama yaitu pelabuhan yang modern dan kapal penangkap ikan yang bagus. Di Australia tempat usaha perikanan terletak di daerah seperti di pelabuhan-pelabuhan kota Sydney dan Brisbane


5. Perindustrian
a. Kapal, perindustrian kapal di Australia berpusat di daerah Sydney yang dimana terdapat industri kapal.
b. Wol, perindustrian wol di Australia berpusat di daerah Sydney yang menjadi pusat  penjualan wol terbesar di dunia.


6. Perdagangan
Komoditas eksport di negara Australia antara lain seperti biji-bijian, gandum, wol, daging, gas alam cair (LNG), besi, batu bara, tembaga, bauksit, perak, emas, timah, uranium, timah, tungsten, pasir mineral, opal dan berlian. Sedangkan komoditas import negara Australia antara lain hasil industri berupa mobil, motor, mesin-mesin, senjata dan bahan kimia.



Peta Australia





Sewaktu-waktu informasi tentang negara ini bisa berubah.

Share this

I'm CEO & Founder in https://ilmumalas.blogspot.com & https://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Sebelumnya
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
FAQ
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments